Minggu, 08 Juli 2012

Kesenian Gambus, Yang Tergerus Zaman


Minggu , 08 Juli 2012 10:46:07

Oleh : Sugandi

"Selat Malaka airnya pun tenang… Selat Malaka airnya pun tenang

Hai tempatnya berlabuh, tempat berlabuh perahu Bugis

Orang yang jauh janganlah dikenang…Hai orang jauh janganlah  dikenang

Kalau dikenang menangis, tentu menangis”

 

KBRN, Jakarta: Sepenggal lirik pantun yang kerap dilantunkan dalam kesenian orkes Dambus <dalam bahasa Bangka> atau Gambus. Pengamat musik  Gambus Wanda Sona Alhamd menjelaskan orkes Gambus merupakan kesenian rakyat yang berasal dari negara Timur Tengah.  Kesenian  tersebut disebar luaskan oleh saudagar pedagang asal Timur Tengah.

 

Hingga kini, kesenian tersebut masih dapat dinikmati oleh masyarakat. “Kesenian ini ada orang menggelar hajatan, dan sebagian  masih suka dengan musik Gambus khususnya di perkampungan,” kata Wanda Sona Alhamd, dalam dialog bersama Pro 3 RRI, Minggu (8/7).

 

Gambus merupakan kesenian rakyat dengan menggunakan alat musik petik seperti mandolin. Gambus dimainkan sambil diiringi gendang.  Lagu-lagu yang dilantunkan dengan lirik keagamaan dan diselingi dengan pantun yang berisikan kerinduan.

 

Orkes gambus kini tersebar luas seperti di Jambi, Bangka Belitung, Jakarta. Orkes Gambus dapat ditemui pada pesta sunatan dan perkawinan.  "Kalau dari segi  permainan, juga memiliki khas sendiri seperti pantun-pantun dinyanyikan dengan spontan . Liriknya berisikan kerinduan yang diungkapkan melaui pantun,” jelasnya.

 

Diakui, seiring dengan perkembangan zaman, musik  Gambus sudah mulai tergerus, khususnya di perkotaan. Namun dia bersyukur masih ada anak-anak muda yang mau menekuni musik Gambus.

 

“Seiring perkembangan zaman khususnya sudah jarang sekali memilih kesenian daerah untuk tampil namun saya bersyukur masih ada mau melestarikan gambus,”.

 

Ketika disinggung mengenai perhatian pemerintah khususnya pemerintah daerah, dia enggan berkomentar. “Malas saya kalau membahas ini (perhatian pemerintah-red).  Selama ini  pemda belum memberikan perhatian,” tegasnya. (Sgd/AKS)

 

 

 

 

 

(Editor : Agus K Supono)

http://rri.co.id/index.php/detailberita/detail/23419#.T_lkVpHkbCN



Tidak ada komentar:

Posting Komentar