Senin, 23 Juli 2012

Masjid Jami' Dan Kelenteng Kung Fuk Min(Muntok), Simbol Kerukunan umat beragama di Negeri Serumpun Sebalai



Kedua bangunan bersejarah ini terletak di Kampung Tanjung, Kecamatan Muntok, tidak jauh dari pelabuhan lama.Masjid Jami' merupakan Masjid pertama di Muntok, didirikan pada periode Kolonial/ 1879 M/1300H oleh Batin Muntok yang dibantu oleh masyarakat setempat, termasuk orang-orang Cina Kaya yang sebagian telah masuk Islam dan Mayor Chung A Thiam. Bangunan bergaya kolonial ini memiliki atap 2 tingkat yang menyerupai atap tumpang seperti pada masjid-masjid kuno di Jawa.  


 Mesjid Jami'Muntok yang hanya di pisahkan oleh jalan setapak dengan Kelenteng Kung Fuk Min



Masjid ini berdiri diatas lahan wakaf dari Tumenggung Arifin dan H. Muhammad Nur seluas 7.500 M2. lokasinya persis bersebelahan dengan Kelenteng Kung Fuk Min. Hingga kini kedua bangunan bersejarah ini dalam keadaan terawat dan masih menjalakan fungsinya masing-masing yakni sebagai tempat ibadah umat Islam dan Umat Tionghoa.


photo14Sebelum Masjid dibangun, Kelenteng telah lebih dulu dibangun oleh orang-orang Cina dari suku Kuantang dan Fu kien yan telah lama menetap di Muntok pada 1820. Kelenteng ini merupakan kelenteng Cina pertama di mentok dari Mayor A Tiom. Kompleks Kelenteng terdiri dari 3 buah bangunan dengan bangunan utama berada di tengah. Bangunan utama memiliki atap berbentuk pelana. Komponen lain dari bangunan adalah gapura utama, pagar keliling, halaman, pagoda dan arca Singa. Kelenteng ini pernah direnovasi pada Februari 1977.


"cintai negerimu kenali budayamu"
By.Wanda Sona Alhamd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar